Jumat, 30 September 2016

PNS oh....PNS... part.1

Oke...

Sebelum gue lanjut nyeritain kisah-kisah dan turning point di tahun 2011 dan seterusnya, gue disini bakal cerita sedikit tentang pekerjaan gue yang sekarang,
.
.
.
.
Yup. PE-EN-ES..
atau lebih tepatnya sih masih CPNS.
.
.
HUAAAAAA....
Dari kecil (seJUJURnya) gue anti banget sama pekerjaan satu ini. Kedua kakek gue emang tentara (yang notabene PNS), tapi hampir 97% keluarga besar bergelut di bidang profesional, dan bukan peenes. Ada sih satu bude, tapi beliau Dosen..jadi keren keren aja bagi gue.
.
.
Dari kecil gue kemakan mindset kalo PNS itu kerjanya ga asik, banyak yang korupsi, pergi siang pulang siang, atau suka keluyuran, dan kerjaannya terlalu gampang (buahahaak...!gue kudu ketawa)
Tapi 1 hal yang bikin gue anti jadi PNS adalah pekerjaan satu ini pastinya bakal jauh banget ama bidang gue yaitu seni, aka DKV aka Desain Komunikasi Visual.
.
.
Pas kuliah mindset gue tentang PNS lebih kejam lagi. Karna timbul persepsi oleh anak anak kalo anak DKV yang kerja di bank, PNS, or something like that adalah anak DKV yang gagal. Anak DKV yang ga punya karya seni. Anak DKV yang ga kreatif. Dan bagi gue itu lebih serem dari apapun.
Belum lagi bayangan kerjaan PNS yang pastinya ga bersinggungan sm kegiatan yang biasa gue lakuin sebagai anak DKV.
Itu - horor - abis..



Tapi perjalanan gue untuk sampe ke kerjaan ini ga semudah itu, Lumayan perang batin juga, Belum lagi test masuk CPNS yang ketat beut.
Alhamdulillah pas jaman gue daftar, pendaftaran CPNS udah lebih transparan. Ga ada titip2an nama (sejauh ini temen2 gue di kantor pure masuk karna test). Dan ga pake duit sama sekali. 0 rupiah.

Uda jadi rahasia umum kalo jaman dulu masuk PNS aja harus nyiapin duit ratusan juta,
Lu kan mau kerja. Kerja kan buat dapet duit. Kalo lu punya duit ratusan juta buat masuk pns, ngapain lu kerja. Kan uda punya duit. Mending usaha aja.
Itu pemikiran gue selama ini.
Ogah banget masuk kerjaan yang harus bayar2 duit, Selama ini aja gue berusaha banget dapet beasiswa selama SMA dan kuliah. Enak aja kalo mau kerja disuruh bayar juga. Ogah lah.



Back to topic.
Jadi kenapa akhirnya gue memutuskan untuk jadi PNS sebenarnya hanya iseng-iseng semata. Karena lagi hamil dan orangnya ga bisa diem untuk daftar-daftar kerjaan akhirnya gue iseng daftar jadi PNS. Abisnya kalo di swasta pasti dipertimbangkan banget cewe yg lagi hamil. Nah kebetulan pendaftarannya juga via onlen dan gratis. Hehe. Jadi cingcai laaah yaa...

Awalnya gue uda ngincer Kementerian Pariwisata yang sesuai ama jiwa raga - yang suka jalan jalan - hehee... lagipula kalo di Kemenpar, bayangan gue bakalan bikin atribut promosi untuk pariwisata. Jadinya ga jauh jauh lah ya ama DKV.
Tapi ketika gue masuk situsnya di Kemenpar dan baca syarat2nya, gue rada males. Karena sebelum test TKD kita disuruh untuk ngelengkapin berkas2 termasuk TOEFL. Nah peer banget kan..lolos tahap 1 aja belum tentu, tp kita uda disuruh nyiapin macem2. Mana gue posisinya saat itu juga belum test TOEFL. So... Akhirnya gue nyerah.


Singkat cerita gue chatingan ya kan di grup UDAH GAK TAU LAGI.
Disitu Resty cerita kalo dia mau daftar di Kemendikbud, kebetulan ada bukaan untuk jurusan DKV. Si Dewe juga uda minat banget ngedaftar, sampe doi uda beli buku latihan soal CPNS. Hehehe. Gue jadi kepikiran buat nyoba juga,
Selain Kemendikbud ada juga lowongan untuk jurusan kita di LIPI. Dari segi jabatannya gue prefer ke LIPI sebenernya. Gue lupa jabatan apa namanya tapi yang jelas lebih gue banget. Tapi setelah dipikir-pikir dan diskusi ama keluarga, gue akhirnya mutusin buat milih yg Kemendikbud sebagai Penyusun Publikasi.


Di situs tertulis 2 pilihan tempat yang nerima jabatan sebagai Penyusun Publikasi. Yang pertama di LPPPTK KPTK Gedung D Kemendikbud Senayan dan yang satunya lagi PPPPTK BOE Malang.

Nah nyampe sini gue GALAU lagi.
Pertama gue gasuka jakarta karena terlalu hectic buat gue. Gue lebih suka kota yang tenang.
Kedua, gue pernah punya mimpi pengen banget tinggal di kota Malang. Selain kota Bandung, Bogor, dan Jogja yang juga pengen gue tempatin someday.

Kalo dari dua alesan diatas otomatis gue bakal milih Malang.
Tapi setelah gue pikir-pikir, ada beberapa alesan yang bikin gue gajadi pilih itu kota:
1. Gue ga punya sodara disana
2. Pernah ada something di 2011 yang bikin suami gue kezel ama kota Malang, hehe, gara gara gue juga sih.
3. Di Jakarta buaaanyak temeeen..sobat baek gue semua disana
4. Keliatan prestige aja kalo kerja di Kompleks Senayan nya Kemendikbud. Hehe

Jadilah gue memilih LPPPTK KPTK sebagai pilihan pertama dan P4TK BOE di pilihan kedua.



Agustus 2014 gue daftar online.
September 2014 gue test pertama di UNS.
Dan disinilah cerita seru dimulai.....
.
.
.
.
.
.
-to be continue-
















Kamis, 29 September 2016

Flashback : Turning Point di 2010

–sedikit klarifikasi-


 Yup. Ngapain gue bahas masa lalu?
2010 pula yang notabene udah 6 tahun yang lalu.

Bukan apa-apa. Waktu gue baca-baca ulang postingan di blog ini gue ngerasa ada hole besar yang ga tuntas. Seakan-akan disini gue mojokin one person in my past. Padahal realnya tidak seburuk itu.
Selain itu ini cuma sekedar catatan sejarah di kehidupan gue. No offence. Ga bermaksud mengusik masa sekarang (karna gue pun udah cukup hepi dengan kehidupan gue yg ini).

Mungkin bakal ada yang bilang atau mikir, kenapa ga gue hapus aja kalo postingan gue yang dulu itu annoying atau ga penting untuk masa sekarang?? Atau ga gausalah ya diposting di blog.
Bukan gitu. Gue uda banyak nulis catatan kehidupan gue dalam bentuk file di laptop dari dulu. But who knows? Ternyata banyak catatan gue yg hilang seiring gue yang oon nyimpennya atau lenyap gitu aja karna instal ulang atau ganti laptop. Nah, jadi sebenernya inilah tujuan gue blogging atau twiiting atau posting foto di instagram. Selama social media itu tetep eksis (gue sedih banget waktu friendster ngelenyapin foto2 gue), gue jadi punya backup file2 gue di dunia maya.

2010
Gue masih semester 4 dan 5. Jaman-jamannya gue kerja……kerja dimana yah? Hahahaha..lupa kan gueee.
Kalo ga salah taun 2010 gue lama ga kerja. Awal taun sempet kerja di Adios Coffe belakang kampus kalo ga salah. Abis gitu sempet ngelamar kerja juga di salah satu advertising di Solo tapi cm bertahan 2 minggu. Hehe.
Gue stay (baca: ngerepotin. Huhu) salah satu kerabat gue di Solo. Gue numpang tinggal di daerah (jirr gue lupa nama daerahnya…deket rumah pak Jokowi keknya mah).
Soal cinta-cintaan yang kayaknya sedih banget (kalo di postingan blog gue dulu), realnya ga se abal itu sih. Hahaha.. atau karna uda dimakan waktu jadi rasa sakit gue yang dulu malah gue ketawain aja. :p
Inget banget di awal-awal taun abis putus dr mantan gue yg adek tingkat, hehe, gue sempet temenan ama banyak cowo. BACA, temenan ye.. gue mah ga niat pedekate karna saat itu juga masih dibikin kacau hatinya ama mantan gue yg kaka tingkat. Eaaaa.. Gausa bingung, gua mah gitu dulu… dari 2008-2011 gue emg deket ama itu orang. Jadiannya mah bisa diitung jari berapa bulan doang tapi kita tetep temenan (atau apalah itu namanya)
Dan sampe pertengahan taun gue masih dibikin galau tuh ama one person. Inget banget di pertengahan tahun gue hampir move on ke orang lain tapi ya gitu lah..sesuai dengan curhatan gue di postingan lama, gue balikan lagi ke “temen” gue ini.
Dia jadi better person kali ini (yang sayangnya dulu ga gue certain kebaikannya disini, hehe, maap). Dia kek uda jd kakak aja. Sampe kesusahan gue jaman dulu (you know what lah ya) dia bantu gue abis abisan. Buat kuliah gue khususnya.
 Alhamdulillah dulu gue susah move on nya bukan karna gue pernah di”apa-apain”. Kita komit untuk ga aneh2. Tapi ya karna susah nemuin orang yang kalo kita ngeliat orang itu berasa ngeliat diri kita sendiri. Entah sifat, kelakuan, atau mungkin nasib.
Penutup 2010 yang cukup oke. Ulang tahun yang amazing.
Tapi pas bener-bener akhir tahun emang balik lagi sih jadi nyebelin. Haha. Gue dijauhin karna alesan bosen. Hahaha, yaudah lah ya.


Jadi sebenernya menurut gue turning point di tahun 2010 itu adalah pas pertengahan tahun ketika gue say yes buat balikan. Gue menjauhi orang yg udah lumayan deket bgt ama gue. Bisa jadi kalo gue milih ga balikan, masa depan gue sekarang bisa aja beda. Kayak di film favorite gue butterfly effect. Tapi karna ini bukan sesuatu hal yang membuat perubahan besar dalam hidup gue jadi gue sama sekali ga mikirin. Kalopun gue milih ga balikan mungkin perubahan hidup gue hanya dalam hal cinta, yang lebih penting daripada itu ga akan berubah besar. Sementara kehidupan gue kan ga melulu soal cinta.


Intinya bagi gue tahun 2010 tahun yang seru.
Gue deket banget ama anak-anak (baca: Dewe, Resty, Jeni, Febi, Galuh).
Kuliah gue asik banget.
Gue pergi jalan-jalan ke banyak tempat (ga jauh-jauh dari Solo sih, dan gausah nanya ama siapa ye)
Segi asmara juga seru abis. Diputusin, dideketin cowo, balikan, dicintai sebegitu keren, trus  ditinggalin karna bosen. Hehe. Uda kek ngudek adonan. Dibolak balik perasaan gue tahun 2010. Tapi seru!

Orang-orang yang pernah ada di masa lalu gue juga udah pada bahagia sekarang. Dan gue bahagia dengernya.
Yang ade tingkat masih follow2an juga di social media.
Yang kaka tingkat juga uda hepi dengan kehidupan barunya.
Orang-orang yang pernah ada di masa lalu gue juga sudah bahagia ( I  hope)

Gue selalu pengen menjalin hubungan baik dengan semua orang. Bahkan dengan masa lalu. Kalo kata bapak motivator yang sekarang lagi heitz karna kasusnya sih : “berdamailah dengan masa lalu”

Mungkin ada beberapa orang di masa lalu yang hubungannya “terlihat” kurang baik dengan gue. Tapi itu pure hanya untuk menjaga perasaan orang-orang di sekitar kita. Bukan karna gue ga mau, dendam, atau apalah itu.

Oke, 2010 cukup sampe disini.
Abis ini gue bakal cerita tentang tahun 2011 gue yang wow! Bener2 ngerubah hidup gue, bahkan sampai sekarang ! (yaiyelah, ketemu suami di tahun 2011, hehe)






“Your past is always your past. Even if you forget it, it remembers you.” 
 
Sarah Dessen, What Happened to Goodbye

Rabu, 28 September 2016

Siapa saya yang sekarang?

Cieee..sekarang mah gaya yah. Ngomong aku aja pake bilang saya. Biasanya juga gue elu gue elu. Hahaha.
Bukan gimana-gimana, sekarang mah uda kudu nyesuain umur, lingkungan, ama habbit. Karena sekarang udah kerja apalagi di pemerintahan. Jadi we otomatis udah kebiasaan ngomong saya saya an.
Tapi gapapa lah yah. Pengecualian untuk di blog mah bebas. Kumaha aing weh rek ngomong saya, aku, gue, atau aing :p

By the way, sebelum kemaren ujug-ujug buka blog ini, gue sempet kepikiran banyak hal. Selama 3 tahun lebih ini gue udah jarang banget nulis diary, blog, atau twitter. Padahal yang namanya ingatan manusia mah ga selamanya oke. Kadang gue bisa lupa sama apa yang pernah gue rasain atau alamin. Kalo dulu mah ya kaaan..dikit-dikit curhat di twitter. Sekarang mah boro-boro, twitter aja udah hamper ga pernah kejamah.
Dan ceritanya kemaren gue berusaha banget nginget2 username dan password blog inih. Karena PEER banget kalo harus buat dari awal. Walo sempet gagal masuk karena gue lupa passwordnya :p


Oke, balik ke judul.
Siapa gue yang sekarang ?
Masih jadi Descy Arfiyani alias Echi alias Sayur alias Onyon alias Selena Gomez atau udah berganti jadi Gigi Hadid ?

Yah yang terakhir mah ga mungkin banget kali ye. Hehe.
Gue masih Descy Arfiyani di KTP. Masih Echi kalo dipanggil orang2. Masih Sayur kalo dipanggil Adit. Masih Onyon kalo dipanggil sama Tia. Dan masih Selena Gomez di khayalannya :p

Tapiiii ada 1 tambahan panggilan dahsyat sekarang mah. Yup : mamah.

Wuhuuuu… dodol dodol gini sekarang gue udah jadi istri orang dan ibu dari seorang bayi awesome bernama Zoyavanya Putri Zeha.


Jangan Tanya kejadian apa aja yang gue alamin selama 3 tahun menghilang dari dunia per blog an. Buanyaaaaaakkkk.
Ntar gue bakal share satu persatu kisah penting atau bahkan turning point di kehidupan gue.
Tapi karna judul postingan kali ini adalah “Siapa saya yang sekarang?”
Jawabannya….


Gue masih Descy Arfiyani. Seorang manusia berzodiak sagitarius dan bergolongan darah B (Alhamdulillah belum ganti).
Sekarang gue adalah seorang CPNS (yang insyaallah C nya ilang dalam beberapa bulan kedepan) di salah satu UPT Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sekarang gue stay di Makassar. Yang SAMA SEKALI kagak pernah kebayang di khalayan maupun mimpi gue selama ini.
Sekarang gue adalah istri dari mantan pacar gue Faizal Reza Nurzeha yang sebelum sebelum ini juga sering gue share di blog. Dan juga seorang ibu (muda dan cantik J) dari seorang bayi bernama Zoyavanya Putri Zeha.


Banyak banget hal yang berubah sejak gue terakhir posting di blog ini. Terutama dalam hal financial. Ga pernah kebayang sebelumnya hanya dalam waktu 3 tahun (bahkan realnya hanya dalam waktu 1 tahun) hidup gue kayak dibalik 180 derajat sama Allah SWT. Alhamdulillah.

Dari dulu gue selalu yakin kalo Allah itu Maha Pembolak Balik Keadaan. Ga selamanya kita sedih terus dan ga selamanya kita bakal bahagia terus. Kita kudu siap dengan segala hal yang bakal muncul di kehidupan kita.

Orang-orang yang ada di masa lalu gue pasti uda apal banget gue dulu orangnya kayak apa. Bisa makan enak aja gue mah uda bersyukur banget. Bahkan bisa lulus kuliah aja uda achievement yang keren banget buat gue yang sepanjang gue kuliah gue harus kerja dan ngerepotin banyak orang. Fiiuh..jadi sedih.


Oke udah dulu lah yah ceritanya.
Lebih detailnya bakal gue share lagi ntar.





Kiss kiss kiss :*




WHOAAAAAAA....

I'M BACK!


Seperti apa saya setelah menghilang lebih dari 3 tahun? (di dunia per blog an aja si, hehe)
Hahahaha.....
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
-to be continue-