Gatau sebenernya mau cerita apa..
Ini baru ngantor lagi setelah Dinas Luar hampir 20 hari. Lumayan hectic karena kebetulan penyelenggara salah satu kegiatan kemaren ada di tim Program Seksi dan Informasi yang notabene ada di seksi gue.
Dinas luar di Makassar 10 hari, Solo - Katen 4 hari, trus lanjut ke Bogor 3 hari. Ga ada jeda buat stay di kantor bareng sehari.
Soal ini sih gue nyaman - banget-
Udah jadi karakter utama Sagitarius kali ya kalo suka jalan-jalan, dan gue menikmatinya.
Mulai ga betah kalo kudu lama-lama di kantor, huehehe.
Bukan soal kerjaan yang lagi pengen gue bagi disini, tapi tentang dua buku yang beberapa hari terakhir ini gue baca. Milea nya Pidi Baiq sama Teman Tapi Menikah nya Ayudia Bing Slamet bareng suaminya, Ditto Percusiion.
Whoaaa... dua buku yang cukup ringan tapi daleeeeeem. Setidaknya menurut gue.
MILEA
Penyuka Dilan pasti tau novel apaan ini. Milea adalah buku ketiga dari serial Dilan 1990 dan Dilan 1991. Meskipun banyak review dari orang-orang kalo buku terbaik Pidibaiq masih di Dilan 1990, bagi gue buku ketiga ini justru yang paling penting. Satu-satunya yang bisa bikin gue beneran netesin air mata dibanding dua buku sebelumnya.
Semua orang mungkin bakal jatuh cinta dengan sosok Dilan di kedua buku sebelumnya. Sudut pandang Milea bener-bener sukses meenggambarkan Dilan versi Milea. Seolah-olah kita setuju kalo Dilan itu....sempurna versi unik.
Di buku ketiga ini kita melihat kisah Dilan Milea dari sudut pandang Dilan. Lebih kepada klarifikasi-klarifikasi oleh Dilan mengenai kesalahpahaman yang banyak terjadi di Dilan 1991. Tapi di buku ini, gue ngerasa lebih ngerti siapa Dilan. Dilan yang mungkin pernah dimiliki Milea - Milea di luar sana.
Bahwa Dilan itu cuma cowok biasa yang mencintai satu perempuan, tapi sadar bahwa dunianya tidak melulu tentang perempuan itu.
Bahwa Dilan juga cowok biasa yang selalu menarik kesimpulannya sendiri. Yang menganggap bahwa dirinya tidak mungkin dicintai sebegitu hebat oleh sesosok Milea.
Bahwa Dilan yang sepertinya ada di banyak sosok laki-laki di dunia ini. Selalu membuat pemakluman akan dirinya sendiri. Sedikit lebih ke pesimistis. Ketika melihat orang yang masih disayanginya sudah jalan dengan orang lain, keinginan untuk masuk lagi dibuang jauh-jauh. Padahal kenyataannya mungkin perempuan yang masih disayanginya tidak benar-benar bersama orang lain. Atau sebenarnya perempuan itu juga ingin ditarik keluar oleh sosok seperti Dilan di hidupnya.
Rumit?
Hahaa. Gue aja sih yang belibet.
Kontradiktif banget dengan novel yang abis ini gue ceritain.
Pelajaran yang bisa diambil buat adek-adek yang baca novel ini (ceileeh adek-adeek), do what you wanna do... say what you wanna say.
Jangan sampe telat.
Komunikasi itu penting. Walau udah putus, tapi masih sayang, ga ada salahnya nanyain lagi perasaan atau keadaan mantan kita. Inget, kalo emang masih sayang yaa. Jangan sok sok gengsi dan menarik kesimpulan sendiri.
Tenang, gue ga punya mantan pacar yang kayak Dilan kog. Hahaa. Kalopun ada, ga bakal gue lepas juga kali. Hehe. Gue juga beda banget sama Milea. Gue tipikal yang selalu berani ngomong kalo gue emang masih sayang. Dan kisah hidup gue engga kayak Dilan Milea, yang harus pisah (tapi masih sayang) cuma gara-gara salah paham.
Tapi gue kayaknya punya temen deh yang mirip Dilan. Haha. Yang selalu merasa 'yaudahlah gue mah siapa, doi udah jalan sama orang lain' atau 'yaudahlah, doi kayaknya punya cowo lain, gausa diganggu' padahal mungkin sebenernya si cewek juga nunggu untuk dideketin.
Kadang suka kesel sendiri sama orang-orang macem gini, yang gamau fighting atau telaaat berjuang buat perasaannya sendiri.
Kesimpulannya, Milea itu buku penting buat fans beratnya Dilan. Karena Dilan ituuu (kalopun doi nyata) cuma manusia biasa. Hehe.
#TemanTapiMenikah
Whoaaa..novel yang ini beneran kayak dongeng. Cerita nyata yang kayaknya jadi idam-idaman banyak orang. Sahabatan 12 taun dan ujung-ujungnya nikah. Kurang romantis apa coba?
Si Ditto nya juga tipikal yang banyak disukain cewe-cewe, supel dan cuek. Oke kalo soal cuek sih banyak cewek yang ga terlalu demen sama tipe kayak gini. Tapi buat gue, idamaaan!!! Hahaha. Abisnya gue juga cuek, mirip kek si Ucha.
Kenapa gue suka tipe-tipe cuek macem Ditto?
Karena gue tau, orang cuek itu sebenernya care banget ke satu orang yang dia sayang. Cuma emang bentuk care nya kadang sederhana banget. Bahkan dianggap ga penting buat orang lain. Misalnya bikinin mie rebus pake heater waktu orang yang disayangnya sakit. Sederhana kan? Padahal romantis. Pake heater soalnya ga ada kompor, dan ujan deres jadi gabisa beli makan di luar. Hehe. Misalnya gitu.
Orang-orang cuek itu biasanya pinter nyembunyiin perasaan. Pinter nyembunyiin perasaannya ke orang yang sebener-benernya dia sayang dengan belagak suka sama orang lain. Ditto tu parah banget. Haha. Pacaran 4taun sama cewe lain tapi jauh di dalem hati masih nyimpen rasa sayangnya buat Ucha. Kamvrt emang.
Orang cuek itu mungkin mirip kayak gue. Sebenernya punya "dunia" sendiri di pikiran kita. Tempat dimana gue bebas mau mikirin apapun. Gue ga terlalu ambil pusing sama perasaan orang lain ke gue. Kadang gitu sih.
Tapi secuek-cueknya orang cuek pasti bisa jujur sama perasaannya. Walau kadang mesti udah jujur, belum tentu hidupnya mengikuti kejujuran itu. Gilak gilak gilak gue bahasanya.
Dan kerennya kisah ini adalah...
Ditto berani ngungkapin semuanya ke si Ucha. Bisa dibilang telat. Tapi telat yang tepat. Mungkin
kalo Ditto nembaknya pas SMA atau malah pas SMP belum tentu juga mereka bisa nikah sekarang.
Karena setau gue banyak orang yang akhirnya menikah bukan dengan "The One" nya mereka. Ga papa sih mungkin, tapi pasti sedikit sedih aja kalo mesti ada yang disesali dikemudian hari hanya karena ga berani berjuang dengan apa yang bener-bener mereka pengenin.
Baper? Iye!
Bukan karena gue punya sahabat yang pengen gue nikahin sih. Gue punya 2 sahabat cowok, Adit sama Ang. Suka-sukaan emang pernah. Tapi ga kepikiran juga sih buat nikahin orang orang sebaik mereka. Hahaha. Kasian abisnya kalo mereka nikah ama gue. Gue mah apa.
Bapernya cuma karena kisah Ditto Ucha tuh gokil banget. Sometimes kalo kita baca buku atau nonton film, pasti sedikit banyak kita ngebandingin diri kita dengan tokoh di dalamnya. Dan seolah-olah kita pengen seberuntung kisah itu. Disinilah gue baper.
Keren aja tuh kalo si Ditto sm Ucha cerita ke anak cucu mereka soal hubungan mereka. Yang ga kenal mereka aja bisa iri. Etdah.
Kesimpulannya, gue iri. Itu aja sih. HAHAHAHA.
